SATE BULAYAK

 

SATE BULAYAK ( JL. Udayana)

Kenapa saya kasih judul sate bulayak jl. Udayana karena di Lombok khususnya mataram, yang berjualan sate ini sekarang sudah banyak termasuk di tempat asanya sendiri narmada dan di jl. udayana ini sendiri saya lebih sering membelinya karena suasananya maupun dari segi jaraknya yang dekat di tempuh dari rumah saya BTN kekalik.


Salah satu tempat nongkrong malam hari di kota Mataram ini adalah Taman Kota yang terletak di Jl. Udayana. Taman Kota ini selalu penuh pengunjung apalagi di malam minggu, tapi ketika saya hari rabu sehingga suasana taman itu relatif sepi. Saya ke jl. Udayana lagi setelah 2 tahun saya tidak ke sana, pada saat saya kuliah di unram cukup sering saya kesana baik dengan pacar maupun dengan teman-teman kuliah saat itu, kalau kita lihat sekarang jl. Udayana ini sungguh indah dan tertata rapi, saya masih ingat di mana dulu di jl. Udayana ini belum tertata rapi cukup gersang dan tidak ada apa-apa di sana. Di mana di tempat ini kita bisa menghilangkan stres baik karena tugas kuliah maupun yang lainya, tempat ini cocok juga di jadikan tempat pacaran karena dengan modal sedikit (uang) bisa berlama-lama dengan pacar dengan suasana yang romantis di iringi dengan suara lagu (ngamen) dan suasana yang mendukung (remang-remang).

 

Taman seluas lebih dari dua hektare ini disediakan Pemerintah Kota Mataram, untuk taman rekreasi kota. Jaraknya hanya 1 km dari pusat Kota, 10 menit dari rumah pacar saya, 10 menit dari rumah saya yang saya tempatin saat kuliah dulu dengan teman-teman kuliah dan hanya sekitar 50 meter arah utara dari Bandara Selaparang.

 

 

Di sini anda semua bisa menemukan salah satu makanan (kuliner) yang di beri nama SATE BULAYAK di mana awalnya sate bulayak dibuat oleh masyarakat di Kecamatan Narmada, Lombok Barat, dan banyak dijajakan di sejumlah obyek wisata yang ada di wilayah kecamatan itu, antara lain di Taman Narmada, Suranadi dan di pura-pura saat odalan (hari raya umat hindu).

 

Pada perkembangannya, kemudian sate bulayak mulai merambah kawasan wisata Senggigi.  Ternyata menu makanan tradisional ini cukup digemari para wisatawan mancanegara maupun nusantara. Bisa di lihat dengan banyaknya penjual sate bulayak ini di jl. Udayana sendiri yang ber julan ada sekitar puluhan maksutnya 40 lebih (kurang tidak mungkin kalau lebih pasti).

 

Bulayak sendiri ternyata diambil dari nama lontong khas yang mendampingi hidangan satenya. Bulayak ini mirip dengan lontong biasa, akan tetapi lebih mungil dengan bentuk mengerucut. Dibungkusnya pun tidak menggunakan daun pisang tetapi menggunakan daun aren dengan lilitan berbentuk spiral sehingga untuk membukanya harus dengan gerakan memutar. Sensasi yang diberikan bulayak ini juga berbeda, teksturnya yang lembut serta gurihnya (yang katanya karena penggunaan daun aren sebagai bungkusnya) memang kreatif abis. Apalagi jika dicocol dengan bumbu kacang yang merupakan bumbu satenya.

 

Satenya sendiri pada umumnya adalah sate ayam atau sapi, di dalamnya diberikan jeroan juga. Yang unik memang ada di bumbunya, bumbu kacangnya tidak biasa. Terbuat dari kacang tanah sangrai tumbuk yang direbus bersama santan serta beberapa bumbu dapur lainnya (katanya sih). Rasanya sekilas seperti bumbu kari, tapi ber beda pokoknya khas banget deh.

 

 

Satu porsi sate bulayak yang terdiri atas satu piring sate berisi 10 tusuk dan lima hingga enam bulayak dengan harga Rp10.000. untuk porsi biasa, karena di tempat tempaat tertentu yang masih di daerah jl. Udayana ini ada juga dengan porsi yang sama tapi dengan harga Rp 20.000  dengan kualitas danging yang cukup besar. Harga ini tergolong murah jika dibandingkan dengan sate kambing yang bisa Rp1.000 per tusuk, belum lontongnya. Biasanya saya membeli 1 porsi buat saya sendiri dan 2 porsi buat pacar saya (pacar saya memang cupak makanya). Apa bila anda mencobanya di jamin anda akan ketagihan pokoknya rasanya luar biasa.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s